- info - resep - tips - menu - wisata -

Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015



Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015 ini bermanfaat untuk yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tentu saja dengan makanan buka puasa yang sehat akan bisa menjaga stamina baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Pilihan menu buka puasa sehat jelas akan memberi dampak positif untuk kamu yang berniat full puasa sampai ramadhan tiba.

Selama tiga puluh hari puasa kita harus selalu menjaga kondisi tubuh agar terus fit, sehingga kita tidak gampang sakit dan bisa menjalankan ibadan puasa dengan nikmat. Tentu saja pahala besar menanti kita. Nah, apa saja makanan yang baik dikonsumsi pada saat buka puasa. Berikut ini saya berikan berbagai Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015. 

Sebenarnya tidak hanya makanan untuk buka puasa saja yang perlu kita perhatikan agar tubuh kita selalu bugar pada bulan ramadhan. Menu sahur pun juga wajib kita jaga, mengenai makanan sehat untuk sahur bisa bacar artikel ini: Makanan dan minuman untuk Sahur agar tetap fit saat Puasa.Nah beberapa Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015 supaya kamu lancar menjalankan ibadah puasa.

Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015
Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015

Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015

  • Air Putih - Mineral sangat bagus untuk mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh setelah kita seharian tidak makan dan minum. Karena itu jangan lupa minimal minum segelas air putih pada saat berbuka puasa karena akan membuat kita tetap sehat dan fit. Kekurangan cairan jelas akan berbahaya bagi tubuh kita, karena jika sampai kita terkena dehidrasi (kekurangan cairan) tubuh kita akan terasa lemas, lesu, dan bisa membuat kita mudah terserang penyakit. Hal itu tentu bisa membuat ibadah kita tidak lancar.
  • Camilan manis - Makanan manis memiliki khasiat menambah energi dalam tubuh. Zat gula dalam makanan manis bisa membuat tubuh kita cepat kembali fit setelah seharian berpuasa. Apa saja camilan manis itu? Bisa dengan kue manis, biskuit, coklat, atau makanan lain asalkan halal bisa kamu siapkan untuk menu buka puasa.
  • Minuman manis. Minuman manis juga bermanfaat, seperti yang sudah dijelaskan di atas minuman manis mengandung zat gula yang memiliki khasiat penambah energi. Minuman manis bisa berupa es atau minuman hangat. Setelah seharian kita tidak minum, paling pas adalah minum minuman manis sebagai pelepas dahaga.  Nah apa saja minuman manis ini? Untuk minuman hangat bisa teh hangat, susu, jahe, kolak, dan lain-lain. Sedangkan untuk minuman dingin bisa berupa sirup, es teh, es jeruk, jus, milkshake, dan lain-lain.
  • Buah-buahan berair - Apapun jenis buah sangat baik dikonsumsi saat buka puasa. Karena buah memiliki memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang lengkap. Mungkin akan lebih baik cari buah yang mengandung banyak air dan vitamin C. Air dalam buah sebagai pengganti cairan yang hilang pada saat puasa sedangkan vitamin C mampu menjaga tubuh kita dari serangan penyakit. Jenis buah tersebut macam-macam, bisa jeruk, apel, markisa, pear, kiwi, semangka, melon, nanas, jambu, dan lain-lain.
    Supaya lebih nikmat saat buka puasa, buah bisa diolah menjadi berbagai macam menu selain disajikan langsung. Misalnya dibuat es buah, atau jus. Dengan olahan variatis tentu akan membuat kita tidak bosan dengan menu buka puasa.
  • Kurma - Mengapa kurma ini saya sendirikan? karena buah ini memiliki status khusus saat bulan ramadhan. Selain kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh, mengonsumsi buah kurma saat buka puasa bisa menjadi bagian dari sunnah rasul. Bahkan makan kurma saat buka kerap disarankan para ulama karena selain sehat juga bisa meneladani sunnah rasul. Dalam hadis HR. at Tirmidzi dijelaskan "Jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan." Karena itu siapkanlah kurma agar jika kamu ingin mengikuti sunnah rasul.
    Untuk mengetahui jenis-jenis kurma, kamu bisa baca artikel ini: Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia. 
  • Sayuran. Selain itu sayuran juga sangat penting karena sayuran banyak mengandung serat dan bisa melancarkan sistem pencernaan kita. Apapun sayuran hijau sangat dirokemdasikan untuk menjaga kondisi tubuh kita tetap sehat selama tiga puluh hari berpuasa.
  • Makanan berkarbodirat. Kandungan zat karbohidrat sangatlah penting bagi tubuh, karena sebagi sumber tenaga utama untuk kita berkegiatan. Kandungan karbohidrat dalam makanan bisa didapat dari nasi dan roti. Masyarakat Indonesia sendiri selalu menyediakan nasi untuk berbuka karena memang ada pepatah khusus untuk masyarakat Indonesia mengenai nasi "kalau belum makan nasi belum kenyang". Nah ini sebenarnya bagus karena terbiasa makan nasi akan membuat kita terus bertenaga sepanjang hari.

  • Daging-dagingan. Menu daging juga baik untuk berbuka namun usahakan hindari daging yang berkolesterol tinggi. Daging ayam atau sapi bisa menjadi pilihan untuk menu buka puasa sebagai lauk.
  • Ikan dan Seafood. Kandungan vitamin lengkap dalam ikan dan seafood jelas direkomendasikan untuk menu buka puasa. Namun untuk mengolahkan lebih baik jangan di goreng, karena minyak goreng mengandung akan mempengaruhi kolesterol dalam tubuh kita. Untuk solusinya agar mengurangi kolesterol gunakan saja minyak goreng berkolesterol rendah. Namun sayangnya dan sudah menjadi tradisi harga-harga naik saat bulan puasa, jika memang harus memakai minyak goreng biasa pun tidak masalah, mungkin artikel ini bisa membantu: Tips Sehat Memakai Minyak Goreng Bekas.
BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT

Nah itulah beberapa Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015. Kamu bisa siapkan untuk menu buka puasa dan dengan mengonsumsi Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015 bisa membuat tubuh kamu fit sampai lebaran tiba. Semoga artikel mengenai Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015 bisa menambah referensi kamu.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan Sehat untuk Buka Puasa 2015

0 komentar:

Post a Comment