- info - resep - tips - menu - wisata -

10 Buah Penurun Kolesterol Terlengkap



10 Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Kolesterol merupakan penyakit berbahaya yang bisa menimpa siapa saja. Penyakit ini muncul karena pola makan yang tidak sehat, jika dibiarkan penyakit akan menjalar menjadi kompleks menjadi penyakit kronis dan efek paling buruk bisa mengancam nyawa Anda.

Penyakit kolesterol adalah salah satu penyakit yang memiliki resiko bahaya, kolesterol tinggi dalam tubuh menjadi faktor penyebab dari penyakit kronis lainnya. (Untuk tahu lebih banyak mengenai penyakit kolesterol bisa baca di sini) Penyakit kolesterol disebabkan oleh buruknya kebiasaan makan sehari-hari yang tidak memperhatikan asupan gizi dan kurang olahraga. Nah ini coba sekarang Anda instropeksi, apakah keseharian Anda dalam mengonsumsi makanan sudah termasuk baik dengan mempertimbangkan asupan gizi, atau sebaliknya. Dan apakah Anda termasuk orang yang suka olah raga? atau tidak.

Jika jawabannya tidak atau belum, mulai sekarang segera ubah kebiasaan buruk Anda tersebut untuk kebaikan Anda di masa depan. Nah selain itu mengubah kebiasaan Anda, mulai mengonsumsi makanan, minuman,  sayur, buah, atau apapun yang memiliki nutrisi baik bagi tubuh Anda. Dan untuk Anda yang ingin mencegah atau menurunkan kolesterol berikut saya berikan daftar makanan penurun kolesterol.

10 Buah Penurun Kolesterol Terlengkap



1. Apel 
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Apel.

Buah apel sudah lama dipercaya sebagai buah kesehatan, baik secara tradisi maupun medis. Sampai-sampai ada kutipan menarik mengenai buah ini "JIKA ANDA MAKAN SATU BUAH APEL SETIAP HARI MAKA ANDA TIDAK PERLU LAGI KE DOKTER". Nah, benarkah anggapan tersebut? dari pelbagai penelitian penelitian menyebutkan dengan mengonsumsi dua buah apel setiap hari mampu menurunkan kadar Low-density lipoprotein (LDL) atau Lipoprotein densitas rendah dalam darah hingga 40%.  Hal ini lebih lebih efektif dibanding dengan obat-obatan kimia yang mengandung polifenol. Selain itu Apel juga mengandung banyak beta glucan. Beta glucan memiliki manfaat mengontrol produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh. Jadi untuk Anda yang ingin mengurangi kolesterol, mulailah dari sekarang mengonsumsi Apel.


2. Tomat
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Tomat.
Selain Apel, buah tomat juga termasuk buah yang manjur untuk menurunkan kolesterol. Tomat merupakan tanaman organi yang memang telah di percaya ke hebatannya sejak dulu seperti mengobati penyakit jantung, diabetes, gula darah dan kolesterol. Dalam Tomat mengandung banyak sekali vitamin yakni vitamin C, A, B1, B2, B3, B5, B6, beta karoten dan lainnya.

Berdasar riset, buah tomat yang dimasak memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia penurun kolesterol seperti statin (obat gangguan jantung). Dan kabar baiknya, tomat tidak memberikan efek samping yang buruk seperti pada statin. Obat-obatan kimia biasanya memiliki efek buruk seperti sakit otot, lemas dan bahkan kerusakan saraf.

Mengapa tomat matang? Rahasianya dari khasiat tomat yakni pada senyawa likopen (warna merah pada tomat matang). Likopen merupakan antioksidan penting yang berkhasiat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Selain likopen, tomat juga mengandung kalium dan vitamin B yang mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan kandungan likopen terbaik, alangkah baiknya jika tomat dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi karena dengan begitu kandungan likopen dalam tomat akan menjadi lebih mudah diserap tubuh. 

Untuk mengonsumsi tomat dan menjadikan buah ini sebagai menu harian Anda, berikut tips dari kuliner media. Dalam keseharian menu Anda di rumah usahakan membuat menu yang bisa dicampur dengan tomat, dalam sayur, sup, jus, minuman buah, dan lain-lain. Dengan begitu tanpa Anda sadari Anda sudah melakukan langkah melawan kolesterol. Selain itu saat Anda makan di luar pilihlah sayur yang ada tomatnya. Mudah bukan.

Tomat matang juga bisa diolah dalam bahan lain, salah satunya yang mudah ditemui adalah pasta tomat dan sari buah tomat. Ternyata mengonsumsi 50 gram pasta atau setengah liter sari buah tomat bisa memberikan perlindungan Anda dari penyakit jantung. 


3. Jambu Merah


Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Jambu biji.
Buah yang ampuh mengatasi kolesterol selanjutnya adalah jambu merah. Kandungan anti kolesterol dalam buah ini yakni antioksidan Flavonoid. Antioksidan dalam jambu merah ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Berbagai riset sudah menunjukkan mengonsumsi jambu merah secara teratur selama kurang lebih dua bulan bisa membuat kadar kolesterol menurun hingga 50% lebih. Selain flanoloid, jambu merah juga mengandung  mengandung likopen. Fungsi likopen sudah diterangkan dalam buah tomat di atas. Nah untuk mulailah sekarang menyiapkan buah ini di rumah dan paling enak biasanya jambu ini diolah bentuk jus. Kabar baiknya, buah ini selain mudah dicari di pasaran juga harganya termasuk murah meriah.

4. Anggur
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Anggur.
Anggur ini selain selain enak dan segar ternyata juga memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan terutama untuk penderita kolesterol tinggi.Buah anggur mengandung serat dan berbagai jenis senyawa flavonoid dan zat catechin yang berkhasiat menurunkan Low-density lipoprotein (LDL), sekaligus meningkatkan kolesterol baik atau High-density lipoprotein (HDL). Guna mendapatkan manfaat dari buah ini secara maksimal, sebaiknya saat mengolah buah ini terutama jus, jangan menyisihkan bijinya. Lebih baik biji anggur sekalian diolah dalam jus karena biji anggur mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh.

5. Mangga


Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Mangga.
Buah musiman ini bisa menjadi piliahan diantara buah-buah lain karena buah ini juga masuk dalam kategori buah penghancur kolesterol. Mangga mengandung banyak pektin. Pektin merupakan jenis serat yang diyakini para ahli memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL) dalam darah. Selain itu vitamin C dalam buah mangga juga mampu mengikis kolesterol LDL. Vitamin C bisa mencegah kolesterol LDL teroksidasi, sehingga dapat menghindari penumpukan plak dalam pembuluh darah.

6. Alpukat

Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Alpukat.
Mengonsumsi akan membantu menurunkan kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL). Karena lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat menjaga pebuluh darah kita dari kerusakan arteri akibat penumpukan LDL. Selain menurunkan kolesterol, alpukat ini juga baik untuk penderita penyakit lain yang se-"family " dengan kolesterol seperti diabetes. Buah alpokat mengandung banyak omega-9 dan serat. Apa manfaatnya? Omega-9 dan serat ini mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita.

Sayangnya banyak anggapan di masyarakat mengatakan bahwa buah alpukat merupakan buah mengandung banyak lemak dan buruk untuk kesehatan. Hal ini perlu diluruskan,  Alpukat memang mengandung banyak lemak (sekitar 16 persen), namun lemak pada alpukat merupakan lemak sehat karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan.

7. Jeruk nipis
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Jeruk nipis
Jeruk nipis ternyata juga bisa mengatasi penyakit kolesterol karena dalam buah jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi meredam produksi kolesterol buruk yang bernama Low-density lipoprotein (LDL)sehingga otomatis akan mengurangi resiko serangan jantung. Nah untuk mengomsumsi jeruk nipis supaya nikmat berikut tipsnya. Pertama bisa diperas dan dibuat minuman baik hangat maupun dingin. Kedua, bisa diiris tipis-tipis dan dimasukkan dalam campuran minuman buah lain.


8. Delima
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Delima.
Buah Delima. Buah delima juga bisa dijadikan alternatif dalam menurunkan kolesterol. Buah delima mengandung antioksidan berjenis polifenol yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat atau  Low-density lipoprotein (LDL). Menurut laporan penelitian, jus buah delima dapat menghalangi atau memperlambat penumpukan kolesterol dalam arteri seseorang yang berisiko tinggi penyakit jantung.

Kebanyakan jus delima yang dikonsumsi adalah jus kemasan karena buah ini termasuk jarang ditemui di pasara Indonesia. Meskipun jus buah delima dalam kemasan umumnya aman untuk diminum namun lebih baik Anda memilih delima murni karena tidak mengandung tambahan gula.

9. Plum
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Plum
Buah Plum juga termasuk buah ampuh untuk mengatasi kolesterol karena buah ini mengandung kolesterol baik atau HDL. Kolesterol sehat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah berbagai penyakit atau gangguan tubuh. Kolesterol sehat juga bermanfaat mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia yang merupakan gangguan di dalam tubuh akibat kolesterol jahat jahat atau  Low-density lipoprotein (LDL). Mengonsumsi jus plum bisa bermanfaat untuk mempertahankan plasma dan mempertahankan kolesterol sehat dalam hati. Dengan tambahan kolesterol yang baik dalam tubuh tentu saja akan menyeimbangi kolesterol jahat yang ada dalm tubuh kita. 

10. Blueberry


Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap
Daftar Buah Penurun Kolesterol Terlengkap - Blueberry
Buah blueberrydianjurkan oleh pakar kesehatan sebagai buah penurun kolesterol. Karena senyawa Pterostilbene  dalam buah blueberry ini mampu merangsang protein reseptor dalam sel, yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan lemak tubuh lainnya. Cara kerja senyawa ini ternyata mirip dengan Ciprofibrate, obat kimia penurun kolesterol yang cukup efektif. Bedanya, blueberry berkerja lebih akurat dengan target reseptor sel hati dan tidak memiliki efek samping. Sementara Ciprofibrate sering membuat penggunanya merasa mual dan nyeri otot. Sebaiknya buah ini dikonsumsi dalam kondisi segar untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

Nah itulah daftar buah penurun kolesterol. Dan jika Anda ingin menjaga kesehatan Anda, membahagiakan keluarga Anda di masa depan, jangan sampai Anda terkena penyakit kolesterol. Mulai ubahlah kebiasaan Anda dengan mengonsumsi buah terutama buah yang disebutkan di atas. Jika artikel 10 Buah Penurun Kolesterol Terlengkap ini bermanfaat bagi Anda silahkan share dan bagikan ke kawan atau sobat Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Buah Penurun Kolesterol Terlengkap

0 komentar:

Post a Comment