- info - resep - tips - menu - wisata -

Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia



Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia. Di dunia ini kurma ada ratusan jenisnya. Namun tidak kurma semua menjadi idola masyarakat, karena tiap jenis kurma memiliki nilai unggul sendiri-sendiri. Masyarakat Indonesia sangat menyukai buah kurma, baik saat masih berbentuk buah ataupun sudah diolah dalam bentuk lain seperti selai atau sari kurma. Buah kurma memang memiliki nilai tersendiri untuk pasar Indonesia, selain rasa yang pas dengan lidah Indonesia, buah ini juga memiliki tautan sejarah dengan Arab. Nah karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam buah ini pun menjadi dambaan, apalagi saat bulan ramadhan, buah kurma menjadi wajib hukumnya ada di meja makan bersama sajian menu buka yang lain. 

Nah berikut ini akan diulas mengenai beberapa jenis kurma paling populer di pasaran Indonesia. 


Kurma ajwa kesukaan Nabi Muhammad SAW

Jenis kurma ini paling mahal dibanding dengan jenis kurma lain. Mengapa? Konon kurma Ajwa merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW. Mengenai benar tidaknya kabar tersebut, penulis masih belum menemukan bukti kuat. Namun, bisa jadi cerita tentang kurma kesukaan nabi memberi pengaruh terhadap naiknya kasta kurma ajwa. Jenis kurma ini kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma ajwa sendiri memiliki bentuk lebih kecil dibanding dengan jenis kurma lain. Warna kurma ajwa juga lebih kelihatan hitam di banding kurma-kurma lain di pasaran. 

Perlu diketahui kurma memiliki banyak sekali khasiat, tidak hanya jenis kurma ajwa, jenis lain pun memiliki manfaat jika dikonsumsi karena kurma mengandung vitamin-vitamin yang baik untuk tubuh. Akan tetapi bagi jenis kurma ajwa, karena saking populernya jenis kurma ini sampai-sampai kurma ini dikaitkan dengan kalimat kondang dan kerap diomongkan masyarakat dari lisan ke lisan "Makan tujuh buah kurma ajwa di pagi hari bisa menangkal racun". Wow luar biasanya ngetop jenis kurma ini. Nah, jika ingin mencoba jenis kurma ini silahkan membeli di swalayan atau supermarket terdekat.  


Kurma holwah si manis idola banyak orang 

Jenis kurma holwah sangat populer di Indonesia. Maklum saja lidah Indonesia sangat welcome terhadap rasa manis sehingga saat di impor dari tanah tumbuhnya, kurma holwah langsung menjadi idola masyarakat Indonesia. Kurma holwah termasuk jenis kurma pertama yang masuk ke pasaran Indonesia. Jika pada suatu kali Anda ditawari kurma bernama kurma halawi, tidak perlu bingung halawi adalah nama lain dari kurma holwah.



Jenis kurma ini memang memiliki rasa manis yang lebih dibanding jenis kurma lain karena itu kurma ini sangat laku di Indonesia. Ternyata rasa manis kurma holwah memang sesuai dengan namanya, holwah dalam bahasa arab mengandung arti manis. Nah, mungkin Anda sudah kerap kali mencicipi si kurma manis ini. 

Kurma arner hajj sajian untuk tamu
Ada pepatah tamu adalah raja. Lalu apa hubungannya dengan kurma arner hajj. Kurma jenis arner hajj secara tradisi di tanah asalnya kerap disajikan untuk menyambut tamu. Karena daging buahnya yang lembut, tebal,serta berasa manis, kurma ini pun menjadi salah satu jenis varietas kurma unggulan. Nah jika ingin memberi kesan manis untuk tamu-tamu Anda, silahkan sediakan jenis kurma ini di rumah.    


Kurma Thoory siap disimpan lama
Jenis kurma ini juga laku di pasaran Indonesia. Masyarakat kerap menyebut jenis kurma ini dengan nama kurma thuri. Kelebihan jenis kurma ini dibanding dengan varietas kurma yang lai yakni butir buahnya memiliki karakter masah dan amat kering sehingga membuat jenis kurma ini awet atau tahan lama saat disimpan. Kebanyakan masyarakat Indonesia sendiri memang menyukai makanan yang awet dalam penyimpanan, karena itulah kurma thuri banyak menjadi pilihan jajanan masyarakat. Untuk rasa dan tekstur buah, jenis kurma thuri memiliki rasa manis namun dagingnya cenderung lengket saat dikunyah, selain itu kulinya juga lebih keras dibanding jenis yang lain. Nyatanya, kekurangan kurma thuri tidak menghalangi masyarakat untuk membelinya. Dan untuk Anda yang suka ngirit, silahkan saja pilih jenis kurma ini untuk di rumah, jangan khawatir, kurma thuri sudah dikenal awet. 

Kurma deglet noor disukai orang Amerika 

Kurma jenis ini sangat disukai orang Amerika. Alasannya adalah kurma kenis deglet noor memiliki rasa yang berbeda dibanding dengan kebanyakan jenis kurma lain. Jika biasanya kurma lain dipasaran diburu karena rasa manisnya, kurma jenis deglet noor malah sebaliknya. Kurma ini disukai lidah orang Amerika karena rasanya yang tidak terlalu manis. Selain di negara adikuasa tersebut jenis kurma deglet noor juga menjadi idaman di Aljazair, Tunisia, dan Libya. Di Indonesia jenis kurma ini memang kalah dengan jenis lain karena kebanyakan orang Indonesia menyukai rasa manis. Selain itu stigma 'kurma itu manis dan manis itu kurma' juga mempengaruhi daya jual kurna jenis deglet noor di Indonesia. Namun, bagi masyarakat Indonesia yang tidak menyukai rasa manis atau sudah bosan dengan jenis kurma manis di pasaran, bisa mencoba menggantinya dengan jenis kurma deglet Noor.


Sebelum mengakhiri tulisan ini jika Anda tertarik membaca artikel lain terkait kurma silahkan baca tautan di bawah.

SILAHKAN BACA ARTIKEL TERKAIT

Itulah beberapa jenis kurma yang populer di pasaran Indonesia. Selamat "berburu" kurma dan jangan lupa berbagi. Dan semoga artikel ini  bisa memberi manfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia

0 komentar:

Post a Comment