- info - resep - tips - menu - wisata -

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan



10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan - Puasa adalah kewajiban bagi setiap umat Islam. Nah terkadang bagi seseorang yang sedang merancang program diet, mereka kebingungan saat memilih menu sahur. Karena disisi lain harus mencari menu yang bisa mengenyangkan dan bernutrisi tinggi namun kandungan lemaknya sedikit. Nah tidak perlu khawatir, berikut beberapa daftar makanan yang bernutrisi tinggi yang cocok dengan program diet dan kesehatan saat bulan puasa. Jadi Anda tetap menjalankan puasa dengan lancar, sehat, bugar, dan  diet tetap jalan. Berikut daftar 9 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan.

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan 

1. Oatmeal
Makanan berupa sereal ini sangat cocok dijadikan makanan sahur. Selain mengenyangkan, oatmeal memiliki banyak kandungan manfaat. Makanan ini mengandung serat tinggi dan tidak mengandung lemak, jadi sangat pas bagi Anda yang berpuasa namun tetap memperhatikan keseimbangan bentuk tubuh. Namun biasanya banyak yang tidak menyukai rasa oatmeal original karena memang rasanya hambar. Untuk mengatasinya mudah saja, bisa dicampur dengan bahan lain, tentunya bahan yang juga termasuk kategori menu diet, diantaranya kacang dan pisang.

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

2. Jagung
Nah makanan ini juga cocok untuk diet Anda di bulan Ramadhan. Jagung ini mengadung banyak nutrisi dan kaya akan vitamin B1. Selain itu kandungan di dalam jagung bisa menjadi energi dan vitamin B5 yang akan berperan besar dalam metabolisme tubuh. Jadi, jangan lupa siapkan jagung dalam daftar menu sahur Anda :)

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

3. Kentang
Kentang bisa membuat perut kenyang dalam tempo cukup lama. Untuk menu sahur pun juga bisa, dan supaya kandungan dalam kentang tidak hilang cara yang paling tepat mengolahnya yakni dengan cara direbus. Direkomendasikan jangan digoreng, karena kentang dapat menyerap minyak. Selain minyak tidak baik untuk diet, kandungan minyak juga tidak baik dikonsumsi saat saur. 

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

4. Kacang Hijau
Banyak pakar diet mengamini jenis kacang-kacangan sangat bagus untuk diet dan menu ini sudah pasti bagus untuk program diet Anda. Salah satunya adalah kacang hijau. Kacang hijau yang sudah siolah mudah ditemui di Indonesia, karena banyak yang menjual bubur kacang hijau. Jadi Anda tidak perlu repot menyiapkannya. Dan untuk perut lebih kenyang bisa ditambahkan mienu diet lain yang mengandung karbohidrat, dan yang pas dengan menu burjo adalah roti tawar gandum. Namun, saat Anda membuat atau membeli bubur kacang hijau usahakan tidak usah memakai santan karena santan itu mengandung lemak.

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

5. Roti Tawar Gandum
Roti tawar gandum pada umumnya hampir sama dengan roti tawar biasa. Bedanya roti tawar gandum memiliki serat lebih banyak karena dalam proses pembuatannya, roti tawar gandum dibuat dari tepung gandum dan biji gandum utuh (hanya dibuat bagian kulit bijinya). Nah karena itu roti tawar gandum lebih sehat dibanding roti tawar biasa. Namun jika tidak menemukan roti tawar gandum sebagai pengganti bisa dengan roti tawar yang biasa dijual di pasaran. Sebenarnya roti tawar gandum juga sudah banyak dijual di swalayan atau toko dengan label merek terkenal, salah satunya adalah Sari Roti. Tips supaya tidak bosan makan menu ini saat sahur bisa dipadukan selai kacang murni, selain menambah rasa, selai kacang murni juga bagus untuk diet.



6. Dada Ayam
Siapa bilang diet dilarang makan daging. Apalagi saat puasa, kita juga perlu energi untuk berkegiatan seharian. Jangan sampai kita diet namun tidak memperhatikan nutrisi, malah-malah kita tidak kuat saat puasa dan puasa bisa jadi batal. Nah daging ayam ini bagus untuk menu sahur sekaligus menu diat. Nah namun harus dipilah, yang paling bagus adalah dada ayam. Lalu mengapa dada ayam? Karena dada ayam adalah bagian yang paling banyak menyimpan protein dan paling sedikit kandungan lemaknya dibanding bagian lainnya. Dan supaya untuk mengontrol lemak, cara mengolah dada ayam yang paling baik adalah dengan direbus atau dipanggang (jangan digoreng). Dan ingat saat menyantap dada ayam, lebih baik sisihkan kulitnya karena kulitnya mengandung banyak lemak. Nah agar puasa Anda berjalan dengan lancar dan tubuh Anda tetap terjaga makanlah dada ayam disaat sahur.
10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

7. Ikan Salmon
Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk program diet. Lemak tersebut adalah lemak tak jenuh sehingga Anda tidak perlu Anda khawatir. Namun saat mengonsumsinya saat sahur ataupun buka jangan sekali-sekali diolah dengan cara digoreng karena akan mengurangi kandungan sehat di dalamnya.

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

8. Ikan tuna 
Ikan ini merupakan makanan yang mudah diolah dan berprotein tinggi dan sangat bagus untuk diet. Saat sahur mengonsumsi tuna juga sangat baik jika Anda tidak ingin badan melar. Tuna selain mengandung protein tinggi juga bagus untuk kesehatan. Jadi untuk menu sahur tidak perlu ragu menyediakan menu ini.
10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

9. Jamur Kancing
Untuk jamur saat sahur jenis yang paling baik adalah Jamur kancing. Oleh para pakar kesehatan jamur kancing direkomendasikan sebagai makanan sehat yang dapat mempercepat program penurunan berat badan Anda. Jenis jamur ini tinggi protein dan Anda bisa memasukkannya di dalam daftar menu sahur Anda.
10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

10.  Buah Pisang
Buah pisang sudah terbukti dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Bahkan buah ini termasuk ke dalam superfood diet dan diakui dunia. Untuk makanan saat sahur buah ini baik karena buah ini juga bisa mengenyangkan perut Anda. Jadi selain sebagai pencuci mulut setelah makan menu sahur, buah ini akan membantu melancarkan program diet Anda.

10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT

Itulah daftar 10 makanan sehat dan bernutris untuk menemani sahur Anda di bulan Ramadhan sehingga Anda tetap bugar pada siang hari saat menjalankan ibadah puasa. Dan semoga tulisan 10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan  ini bisa menjadi barokah untuk kita semua :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Makanan Sahur untuk Diet di Bulan Ramadhan

0 komentar:

Post a Comment