- info - resep - tips - menu - wisata -

Cara Membuat Emping Melinjo Beserta Cara Menggoreng.agar Renyah



Cara Membuat Emping Melinjo Beserta Cara Menggoreng - Membuat emping melinjo sebenarnya tidak terlalu sulit. Mungkin hanya bahan mentahnya saja yang terkadang dipasaran lumayan sukar di cari. Untuk emping siap goreng sendiri sebenarnya sudah ada juga di pasaran dan stoknya pun lumayan banyak. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri, Anda bisa saja mencari biji emping di pasar dan mengolahnya terlebih dahulu.

Cara Membuat Emping Melinjo

Cara Membuat Emping Melinjo Beserta Cara Menggoreng.Cara Membuat Emping Melinjo Beserta Cara Menggoreng.
  1. Pertama Anda harus menyiapkan dahulu buah melinjo matang atau masak. Untuk mengetahui buah melinjo yang bagus dan bijinya juga baik untuk dijadikan emping, buah melinjo harus berwarna merah atau kuning.  
  2. Setelah itu kupas kulitnya sampai bersih tapi jangan buang. Kulit melinjo bisa juga dijadikan masakan atau camilan. Sebelum mengupas jika Anda mendapat melinjo yang baru saja dipetik, lebih baik diamkan dahulu sekira 2-3 jam supaya getah melinjo hilang saat dikupas.
  3. Paska pengupasan, biji melinjo disimpan dahulu melinjo selama 1 hari supaya agar melinjo menjadi kering dan  masak saat diongseng atau disangrai. Untuk lebih cepat biji melinjo bisa juga dijemur dahulu di bawah sinar matahari.
  4. Tahap selanjutnya adalah menyangrai. Siapkan wajan kemudian isi pasir lalu dipanasi. Lalu masukkan biji melinjo. Saat proses ini, diamkan biji melinjo di dalam pasir kira-kira 3-4 menit hingga kulit biji berwarna hitam dan terasa panas.
  5. Setelah kulit melinjo sudah menghitam dan panas silahkan angkat.
  6. Proses berikutnnya yakni adalah menggeprek. Pecahkan kulit keras biji melinjo hingga tersisa hanya biji melinjo bagian dalam yang berwarna putih. Lalu letakkan biji melinjo di atas talanan, kemduain pukul dengan alat pemukul (bisa juga palu) sampai biji melinjo tersebut gepeng dan tipis berbentuk lingkaran. 
  7. Tunggu sampai geprekan melinjo dingin lalu pakailah sendok sekap pipih atau rata untuk membalik ataupun mengangkat emping yang menempel di talenan.
  8. Kemudian pindahkan emping ke tempat atau wadah penjemuran. Untuk penjemuran penjemuran emping melinjo tidak perlu lama-lama, jika cuaca panas cukup selama 1-5 sampai 2 jam saja.
  9. Nah sampai tahap ini emping melinjo sudah jadi dan siap digoreng.

Untuk menggorengnya ada caranya tersendiri agar renyah. Guna mendapatkan hasil emping goreng yang renyah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kemudian dilakukan. Nah berikut caranya:

Cara Menggoreng Emping Melinjo agar Renyah

Cara Membuat Emping Melinjo Beserta Cara Menggoreng.
  • Pertama adalah pastikan suhu panas minyak goreng yang pas. Caranya setelah minyak goreng dipanaskan segera masukkan emping melinjo. Nah jika minyak berasap berarti minyak goreng terlalu panas, maka segera rendahkan api. Karena jika minyak terlalu panas malah akan membuat emping mudah gosong sedangkan jika minyak kurang panas akan membuat emping lembek.
  • Kedua yakni masukkan emping dalam minyak panas dari jarak dekat dari arah samping dan bukan atas. Hal ini selain emping lebih tertata, juga menghindari percikan dari minyak goreng. Dengan cara tersebut minyak tidak akan terpercik. Namun jika Anda takut, Anda bisa meletakkan emping di atas sutil berlubang lalu masukkan ke dalam minyak panas.
  • Ketiga adalah jumlah emping saat menggoreng. Jangan terlulu banyak karena akan menghambat pengembangan emping dan akan membuat bentuk emping tidak bulat. Sesuaikan dengan besar wajan kira-kira jumlah yang matang dan mengembang cukup dan tidak bertabrakan dengan emping lainnya.
  • Saat menggoreng jangan sering-sering diaduk karena bisa merusak bentuk emping, cukup sesekali saja.
  • Setelah matang segera tiriskan ke piring dan beri bumbu. Untuk bumbu bisa berupa garam atau penyedap rasa, tergantung selera. Saat menabur bumbu usahakan emping masih dalam keaadan panas karena nanti bumbu akan menempel pada emping.
BACA JUGA TULISAN TERKAIT

Nah itulah cara mengolah dan menggoreng emping melinjo sendiri. Semoga tulisan mengenai Cara Membuat Emping Melinjo Beserta Cara Menggoreng agar Renyah ini bisa bermanfaat untuk Anda semua :)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Emping Melinjo Beserta Cara Menggoreng.agar Renyah

3 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Wiih mantep banget nih infonya. Terutama yang cara menggoreng emping biar renyah ^^
    Buat para penggemar emping, boleh dong mampir ke empingsuper.com
    Hatur nuhun :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete