- info - resep - tips - menu - wisata -

Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta



Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta - Menu yang satu ini dikenal super pedas dan lezat. Jika kamu berwisata ke Yogyakarta, kamu harus coba makanan ini dan rasakan sensasi huh hah-nya. Lokasi warung oseng mercon di Yogyakarta mudah kok. Biasanya yang berwisata ke Maliobor dengan bus, akan parkir di area parkir bus ngabean. Nah jalan dari parkir ke Malioboro ini sekira 500an m dan di sepanjang jalan banyak ditemui warung-warung oseng mercon. Kamu bisa memilihnya. Dan jika ingin memcoba membuat resep Oseng-Oseng mercon bisa baca ulasan berikut ini:

Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta
Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta

Bahan Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta

Daging sapi (tetelan) sebanyak 500 gram
Gula merah cukup dengan 5 gram
Lengkuas 1 buah ukuran 4 cm
Jahe 1 buah ukuran 2 cm
Daun salam sebanyak 4 lembar
Air matang sekitar 350 ml
Cabai merah keriting sebanyak 60 gram
Cabai rawit merah sekitar 200 gram
Bawang merah sebanyak 10 siung
Bawang putih cukup dengan 5 siung
Garam seperlunya saja
Kecap manis sesuai kebutuhan
Minyak goreng seperlunya.

Cara Membuat Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta

  • Pertama siapkan sebuah ulekan untuk menghaluskan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai keriting, cabai rawit merah, serta jahe. Atau bisa juga di blender. Sisihkan.
  • Siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah itu  tumis lengkuas, daun salam lalu tambahkan bumbu yang telah kita haluskan tadi. Terus tumis sampai harum.
  • Lalu masukkan daging sapi (tetelan) yang sudah dibersihkan, sembari aduk sampai bumbu rata ke daging. 
  • Setelah itu tambahkan air matang ke dalam tumisan dan masak hingga daging empuk. - Semakin empuk daging yang dimasak, maka rasanya akan semakin enak. 
  • Langkah terakhir adalah tambahkan gula merah, garam, dan kecap manis. Kemudian aduk-aduk lagi supaya tercampur dan matang.
  • Setelah matang silahkan angkat dan pindahkan ke atas mangkuk saji. 
Nah mudah bukan Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta ini. Siapkan pula nasi hangat dan minumnya. Catatan - untuk variasi dan menambah khas daging sapi, bisa ditambahkan kikil atau jeroan daging sapi.  Itulah informasi resep pedas, selamat mencoba sendiri di rumah Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Oseng-Oseng Mercon Khas Yogyakarta

1 komentar: