- info - resep - tips - menu - wisata -

38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu



38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu - Berjibun manfaat dari buah pepaya ini, apakah kamu sudah mengetahuinya. Jika Belum kamu wajib baca manfaat pepaya yang akan kami ulas berikut ini. Langsung saya berikut 38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu.

38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu
38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu

38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat Pepaya 1 - Mengatasi gangguan pencernaan
Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus. Pepaya dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Adalah kandungan serat dan antioksidannya, yang dapat mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

Manfaat Pepaya 2 - Menjaga kesehatan ginjal
Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

Manfaat Pepaya 3 - Mencegah serangan jantung dan stroke
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah pepaya dapat mencegah oksidasi kolesterol dan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Manfaat Pepaya 4 -  Mempertajam penglihatan
Jika Anda memiliki masalah kesehatan mata, sebaiknya rajin-rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah ini mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Manfaat Pepaya 5 - Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

Manfaat Pepaya 6 - Bagus untuk kesehatan kulit
Kandungan vitamin A, C dan E sendiri baik untuk kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit kusam menjadi cerah dan lebih segar. Buah pepaya mengandung jumlah Vitamin C lebih banyak dibanding buah apel. Oleh sebab itu, buah pepaya dapat dengan cepat menghapus racun di dalam tubuh dan sangat bagus untuk menyegarkan kulit. Enzim pepaya juga mampu mendorong metabolisme kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah/bersinar. 

Manfaat Pepaya 7 - Meningkatkan vitalitas pria
Kandungan enzim arginine di dalam pepaya, efektif mendongkrak aliran darah di area organ utama lelaki (penis). Arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.

Manfaat Pepaya 8 - Sebagai zat antiradang
Kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Manfaat inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit, psoriasis dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Manfaat Pepaya 9 - Baik untuk diet
Enzim Papain pada buah pepaya yang masih muda dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pepaya yang sudah matang. Enzim tersebut bukan hanya menganalisis protein dalam tubuh, tapi juga mendorong metabolisme tubuh yang sempurna dan dengan cepat akan menghapus kelebihan lemak. 

Manfaat Pepaya 10 - Menambah jumlah produksi ASI
Buah pepaya juga diyakini sangat membantu dalam pertumbuhan payudara. Hormon medium dan vitamin A yang terkandung dalam enzim pepaya, bisa merangsang hormon wanita untuk menghasilkan jumlah ASI yang lebih banyak bagi mereka yang sedang dalam masa menyusui. 

Manfaat Pepaya 11- Menjaga kesehatan rambut
Buat Anda yang sangat mementingkan kesehatan rambut, buah pepaya juga dapat membantu untuk mengontrol ketombe. Shampoo dari bahan pepaya saat ini sudah banyak bisa Anda temui di supermarket-supermarket terdekat. 

Manfaat Pepaya 12 - Melancarkan menstruasi
Perempuan yang mengalami sikluas menstruasi yang tidak teratur, bisa mengkonsumsi jus pepaya untuk membuat siklus tersebut menjadi teratur. Selain itu, enzim dan nutrisi penting lainnya di dalam buah pepaya juga mampu menurunkan resiko terkena kanker Servik.

Manfaat Pepaya 13 - Pembersih racun dalam tubuh
Banyak dari kita yang hobi mengkonsumsi makanan ce[at saji maupun makanan-makanan yang diolah dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya bagi tubuh. Zat-zat terseut dapat berubah menjadi racun yang berbahaya. Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin akan membuat antioksidan yang dikandungan menetralkan racun-racun tersebut.

Manfaat Pepaya 14 - Mengobati luka pada kulit
Selain dagingbuah yang kaya akan manfaat ternyata kulit buah pepaya pun memiliki manfaat untuk mengobati luka. Maka dari itu jika anda menderita luka iritasi maupun luka gores pada kulit anda bisa mencoba mengobatinya dengan obat alami yang satu ini.

Banyak sekali kegunaan pepaya untuk kesehatan kita. Karena itu biasakanlah mengonsumsi pepaya dan jadikan buah ini sebagai makanan keseharian di rumah Anda. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, pepaya pun bisa digunakan sebagai obat alamiah pembasmi penyakit. Berikut beberapa ramuan dari pepaya untuk mengatasi penyakit:

Manfaat Pepaya 15 - Kulit melepuh karena panas
Toreh kulit buah pepaya, tampung getahnya dan oleskan, diamkan sehari semalam. Bila bagian yang melepuh agak luas, parutlah pepaya dan daging buahnya ditempelkan.

Manfaat Pepaya 16 - Malaria dan demam
Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari; lakukan 5 hari berturut-turut.

Manfaat Pepaya 17 - Terkena gigitan ular berbisa
5 jari akar pepaya, cuci, tumbuk sampai halus, tempelkan pada bagian yang terkena, balut. Ganti 2 kali sehari.

Manfaat Pepaya 18 - Rambut beruban
(a) Gongseng 30 biji pepaya, tumbuk sampai halus, campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa, gosokkan pada kulit kepala yang beruban; (b) Jemur 2 sendok makan biji pepaya sampai kering, sangrai sampai hangus, tumbuk sampai halus, campurkan sedikit minyak kelapa, aduk rata. Oleskan pada kulit kepala yang sudah dikeramas. Gunakan sebelum tidur.

Manfaat Pepaya 19 - Penyakit Cacing gelang. 
(a) 2 sendok makan biji pepaya, giling halus, seduh dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, minum panas-panas. (b) 2 sendok biji pepaya, lumatkan, seduh dengan 1/2 gelas air, beri 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat sekali sehari.

Manfaat Pepaya 20 - Susah Buang Air Besar (BAB) 
(a) Setengah tankai daun pepaya, 10 lembar daun kacang panjang dan 6 tangkai daun singkong dicuci, tumbuk hingga halus, tambahkan 1/2 cangkir air masak, remas, tambahkan 1 sendok madu, peras, saring. Minum 1-2 kali sehari. (b) 1/2 tangkai daun pepaya, 10 helai daun kacang panjang, 6n tangkai daun singkong dicuci, lumatkan, beri 1/2 gelas air matang, peras. Beri 1 sendok makan madu sebelum diminum. Minum 2 kali sehari.

Manfaat Pepaya 21 - Buang air besar tidak teratur, maag, sariawan, dan sembelit
Makan buah pepaya segar 3 kali sehari.

Manfaat Pepaya 22 - Merangsang nafsu makan.
 Sehelai daun pepaya dicuci, lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras. Minum airnya sekaligus.

Manfaat Pepaya 23 - Flu
Cuci 2-3 helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum 2 kali sehari untuk anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dewasa.

Manfaat Pepaya 24 - Mencegah demam nifas. 
Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air sampai airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus segera setelah melahirkan selama 2 hari berturut-turut.

Manfaat Pepaya 25 - Melancarkan air seni dan mengeluarkan batu ginjal. 
3 jari akar pepaya dipotong-potong, rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari @ 3/4 gelas. Boleh diberikan sesendok madu.

Manfaat Pepaya 26 - Hipertensi. 
Parut sebuah pepaya muda, peras. Minum airnya 2 kali sehari. Lakukan selama 3 hari.

Manfaat Pepaya 27 - Keputihan.
Sehelai daun pepaya dicuci, iris halus, beri 50 gram akar alang-alang yang bersih, pulasari, rebus dengan 1,5 liter air, didihkan, saring. Minum sekali sehari @ segelas.

Manfaat Pepaya 28 - Diare. 
Keringkan segenggam biji pepaya, tumbuk halus. Seduh seperti menyeduh teh. Minum 3 kali sehari @ 1 gelas.

Manfaat Pepaya 29 - Jerawat. 
Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Oleskan sarinya pada jerawat.

Manfaat Pepaya 30 -Melancarkan haid. 
2 helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus 1 kali sehari.

Manfaat Pepaya 31 - Melancarkan ASI. 
Beberapa helai daun pepaya dicuci, layukan di atas api. Hangat-hangat ditaruh di sekeliling payudara.

Manfaat Pepaya 32 - Digigit serangga berbisa. 
5 jari akar pepaya dicuci, lumatkan. Tempelkan pada bagian yang sakit, balut dan perban.

Manfaat Pepaya 33 - Luka bakar. 
Sebuah pepaya muda dicuci, gores-gores agar getahnya keluar. Oleskan getah pada luka.

Manfaat Pepaya 34 - Mengeluarkan pecahan kaca. 
Beberapa daun pepaya dicuci, lumatkan, beri garam. Oleskan pada kulit yang terkena pecahan kaca, balut. Pecahan kaca akan keluar dan luka akan mengering.

Manfaat Pepaya 35 - Kutil. 
Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.

Manfaat Pepaya 36 -  Luka kecil.
Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.

Manfaat Pepaya 37 - Tumit pecah-pecah. 
Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan 1/4 jam, lalu cuci. Lakukan sekali sehari.

Manfaat Pepaya 38 - Sakit gigi. 
Getah pepaya muda diteteskan ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas.

Itulah informasi mengenai 38 Manfaat Pepaya baik untuk kesehatan maupun sebagai ramuan obat. Nah silahkan coba sendiri mamnfaat buah pepaya ini. Akhir terima kasih sudah berkunjung dan selamat mempraktikkan artikel bertajuk 38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu. 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 38 Manfaat Pepaya Yang Wajib Kamu Tahu

0 komentar:

Post a Comment