- info - resep - tips - menu - wisata -

Khasiat Ampuh Buah Pepaya




Sudah sejak jaman buyut kita buah pepaya dipercaya memiliki "sejuta" khasiat bagi tubuh. Soal rasa ndak usah ditanya, buah ini berasa manis segar dengan aroma harum. Berdasar penelitian para ahli, ternyata pepaya mempunyai kandungan gizi sangat tinggi. Buah ini kaya akan enzim, vitamin, juga mineral. Dalam pepaya terdapat enzim yang disebut dengan enzim papain. Daya cerna yang diberikan enzim papain bisa mencapai 35 kali lipat cerna normal, imbasnya setiap protein yang terkandung dalam makanan apapun bisa diserap dengan baik. Selain itu di dalam buah pepaya terkandung juga antioksidan seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C,  vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat dan pantotenat. Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, dan serat. Dan yang menabjukan, kadar vitamin C dalam pepaya lebih banyak 48 kali lipat dibanding buah apel... WOW!!!

Berikut dituliskan mengenai beberapa manfaat luar biasa buah pepaya

Baik bagi pencernaan
Sudah diterangkan diatas bahwa pepaya baik untuk pencernaan karena mengandung enzin papain. Mengenai khasiat ini, bahkan dalam pengobatan tradisional Cina, pepaya dikenal sebagai obat alami mengatasi gangguan  pencernaan. Protein dan papain yang ada di dalam pepaya merupakan zat-zat yang membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit dengan alami. Para ahli nutrisi juga mengatakan bahwa serat yang ada pada pepaya membantu mengikat racun penyebab kanker usus besar dan mencegah racun-racun “mengotori” sel-sel yang masih sehat di usus besar.

Bagus untuk diet
Para ahli menemukan bahwa kandungan enzim pepaya  memiliki efek untuk mengurai protein, lemak dan juga karbohidrat. Konsumsi pepaya bisa memperbaiki sistem metabolisme sehingga pembakaran lemak menjadi energi jauh lebih maksimal. Karenanya makan buah pepaya dengan kandungan tersebut sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan diet. Selain itu pepaya juga adalah buah yang rendah kalori.

Mencegah kanker
Yayasan Kanker Internasional pada tahun 1997 melaporkan tentang manfaat vitamin C dan karoten, yang banyak terdapat dalam pepaya, untuk mencegah kanker. Munculnya anjuran diet makanan yang mengandung vitamin C dan karotenoid untuk mencegah kanker paru-paru. Cara ini juga kemungkinan dapat melawan kanker kolon, pankreas, kandung kemih dan payudara, serta mengurangi radikal bebas yang merupakan pencetus kanker.

Meningkatkan kesuburan pria
Pepaya terbukti secara signifikan dapat membantu proses kesuburan pria. Dengan mengonsumsi vitamin C yang dikandung oleh pepaya sebanyak 500 miligram per hari, maka para pria dapat meningkatkan jumlah sperma, menstimulasinya menjadi lebih subur, dan—yang paling penting—mempercepat pergerakan sperma, yang pada akhirnya mempercepat terjadinya kehamilan.

Mencegah penyakit jantung
Pepaya dipercaya juga efektif dalam mencegah atherosclerotic dan penyakit jantung. Konsentrasi dari pro-vitamin, carotenoid phytonutrients, yang dikandung oleh pepaya membantu mencegah oksidasi kolestrol sehingga mencegah terjadinya penumpukan plak berbahaya di dinding arteri yang menyebabkan timbulnya serangan jantung. Serat pepaya juga mampu membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol jahat).

Baik bagi penderita diabetes
Bagi penderita diabetes, memilih untuk mengkonsumsi buah pepaya sangat disarankan karena buah pepaya memiliki jumlah gula yang lebih rendah bila dibandingkan dengan buah lainnya. Meskipun pepaya memiliki rasa manis, tingkat glukosanya relatif rendah. Penderita diabetes dapat dengan mudah mengkonsumsi tiga porsi buah pepaya sehari, dan tidak akan bermasalah dengan penyakitnya.

Mengencangkan Payudara
Pepaya di percaya sudah sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Berdasarkan uji klinis enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormon pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.

Penyegar kulit
Enzim papain pada pepaya aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya dapat dengan baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah.

BACA JUGA
4 JENIS PEPAYA PALING POPULER
MARI MENGENAL PEPAYA
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Khasiat Ampuh Buah Pepaya

0 komentar:

Post a Comment