- info - resep - tips - menu - wisata -

Makanan untuk Kesehatan Otak Manusia



Makanan untuk Kesehatan Otak Manusia - Otak merupakan salah satu organ tubuh vital yang dimiliki manusia. Bagaimana tidak, otak mengatur kerja seluruh tubuh, baik sadar maupun tidak sadar. Mulai dari bernapas, bergerak, jantung berdetak, sampai darah mengalir dalam tubuh diatur oleh otak.


Makanan untuk Kesehatan Otak Manusia
Makanan untuk Kesehatan Otak Manusia

Tidak heran jika kesehatan otak harus dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan otak adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan flavonoid di dalamnya. Flavonoid bisa dimanfaatkan tubuh untuk menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas dan ion-ion metal (antioksidan). Nah berikut beberapa makanan atau minuman yang mengandung flavonoid. 

Makanan untuk Kesehatan Otak Manusia

1. Apel
Dalam sebutir apel, terdapat flavonoid dengan jenis quercetin. Jenis flavonoid yang satu ini ternyata memiliki segudang manfaat.Misalnya saja bisa digunakan untuk mencegah katarak, kanker, serangan jantung, asma, dan asam urat. 

2. Teh hijau
Teh hijau ternyata selain bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker, juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan otak. Dalam teh hijau terdapat flavonoid yang unik jenis epigallocatechin. Flavonoid ini merupakan antioksidan yang lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C dan E.

3. Bubuk kakao
Salah satu makanan yang mengandung flavonoid cukup banyak adalah bubuk kakao. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman coklat yang tidak hanya enak, namun juga menyehatkan. Jika tidak suka dengan rasa kakao, Anda bisa mengantinya dengan sebatang coklat hitam. Coklat yang memang terbuat dari kakao mengandung flavonoid yang cukup untuk menjaga kesehatan otak. 

4. Anggur merah
Salah satu manfaat buah anggur merah ternyata menjaga kesehatan otak. Manfaat buah anggur ini sudah banyak digunakan oleh orang Prancis. Kemudian mereka meramunya menjadi minuman. Selain bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan otak, buah anggur juga ampuh digunakan untuk menurunkan risiko jantung.



Nah itulah beberapa Tips Menjaga Kesehatan Otak Manusia dengan sumber bacaan Majalah Sehat Plus, edisi Mei 2008. Silahkan share ke teman-teman jika kamu merasa artikel Makanan untuk Kesehatan Otak Manusia ini bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan untuk Kesehatan Otak Manusia

0 komentar:

Post a Comment