- info - resep - tips - menu - wisata -

Bumbu Dapur Paling Tua Usianya



Tahukah Anda bumbu dapur apa yang berusia paling tua. Ternyata adalah bawang putih. Salah satu jenis rempah ini rupanya sudah diakui kualitasnya sebagai ramuan ajaib sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu.

Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang wajib ada di dapur. Nah... muasalnya, si putih ini sebenarnya dari Asia Tengah yang beriklim subtropis, seperti Cina dan Jepang. Dahulu bawang putih kerap dibawa pedagang Cina juga Arab ke daerah-daerah kantong dagang, seperti di Asia Barat lalu Eropa juga Asia Tenggara termasuk Indonesia. .

Tanaman ini memiliki nama latin Allium Sativum yang juga salah satu keluarga bawang alliceae. Keluarga Alliceae lainnya diantaranya adalah bawang merah, dan bawang daun. Semenjak zaman kuno orang sudah mengenal bawang putih, terdapat cerita di Mesir bahwa budak pekerja piramida memakan bawang putih sebagai penambah stamina dan tenaga dalam melaksanakan pembangunan. Tidak hanya itu, dalam sebuah papyrus bertarikh 1500 sebelum Masehi ditemukan catatan bahwa orang Mesir percaya adanya 22 khasiat bawang putih untuk mengobati penyakit. Tak heran bila bawang putih ditemukan di dalam makam Raja Tutankhamun dari Mesir. Di masa lalu, orang Yunani dan Romawi menggunakan bawang putih untuk mengobati lepra dan asma, serta menghalau kalajengking (selain itu di Romawi sendiri para atlet olimpiade juga disuruh memakan bawang putih sebelum melakukan pertandingan, bahkan para tentara romawi juga diperintahkan memakan bawang putih sebelum perang). Sedangkan di dalam resep makanan Lebanon, bawang putih sejak dulu digunakan sebagai resep untuk diet. Orang Eropa juga menganggap bawang putih bermanfaat untuk mengusir hantu dan setan seperti vampir.

Bawang putih ini sendiri adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm, berakar serabut. bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung.

. Bahkan Sir Louis Pasteur, sang penemu penisilin telah membuktikan secara efektif kualitas anti bakteri dari bawang putih pada 1858. Dan para ahli bedah pada Perang Dunia telah menggunakan jus bawang putih sebagai anti-septik untuk mengobati luka-luka perang.Bawang putih diketahui mengandung mineral berguna seperti fosfor, kalsium dan zat besi, yodium, sulfur dan klor dan juga senyawa seperti allicin, allisatin1 dan 2. Bawang putih mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur. Di samping itu dari beberapa penelitian umbi bawang putih mengandung zat aktif awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid.

Baca juga artikel terkait bawang:
RESEP KENTANG BUMBU BAWANG
MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN
TIPS MENGHILANGKAN BAU BAWANG DI TANGAN DAN MULUT
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bumbu Dapur Paling Tua Usianya

0 komentar:

Post a Comment